Harga Sapi Tembus 35 Juta Rupiah Menjelang Idul Adha

Posted on

Tidak menjadi sesuatu yang aneh apabiula harga hewan kurban seperti sapi dan kambing mengalami kenaikan menjelang hari raya Idul Adha seiring tingginya permintaan dari masyarakat sehingga membuat harga jual hewan kurban mengalami peningkatan yang cukup drastis.

Pemilik Amira Farm yang bernama Ahmad Hyro Fachrus yang berasal dari Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo mengiyakan mahkan mengamini hal tersebut. Menurut beliau bahwa pada saat ini permintaan terus mengalami peningkatan.


iklan banner

Sebagian besar permintaan sapi dan juga kambing memang untuk keperluan kurban. Bahkan sepertinya permintaan akan terus naik hingga menjelang Idul Adha tiba.

“Pembeli tidak hanya datang dari Pati. Warga luar daerah seperti Kudus, Jepara dan Semarang pun juga turut membeli sapi Ddisini. Sudah ada permintaan 25 ekor sapi. Padahal biasanya per bulan hanya sekitar 20 ekor sapi saja,” jelas Ahmad Hyro selaku pemilik Amira Farm.

Menurut Ahamad di saat menjelang peringatan Hari Raya Idul Adha memang penjualan cukup tinggi. Ia menceritakan bahwa penjualan tahun lalu bisa mencapai 40 ekor sapi menjelang idul Adha. Untuk harganya pun juga meningkat pada saat menjelang lebaran kurban.

Dan untuk sekarang ini untuk setiap kilogram sapi hidup bisa mencapai Rp 50 ribu, sedangkan di hari biasa memiliki harga jual yang hanya berkisar antara Rp 45 hingga Rp 47 ribu saja perkilogramnya.

“Kalau saya biasa mendapat sapi-sapi itu dari Pati saja. Selain dari sejumlah pasar hewan juga ke peternaknya langsung. Karena saya harus tahu kualitas pakan dan cara ternaknya. Sehingga kualitasnya dapat terjaga. Kebetulan saya memang hanya menjual sapi. Yang sudah terjual itu rata-rata dengan harga Rp 22 hingga Rp 35 juta,” ujarnya.

Penjualan hewan kurban yang berupa sapid an juga kambing bahkan kerbau akan mengalami peningkatan hingga menjelang Hari Raya idul Adha di tahun 2019 ini tiba. (AS)