Sempat Berutang Rp1,3 Triliun, Pria Pati Bangkit dan Raih Sukses Meski Sempat Gagal

Posted on

Seperti yang kita tahu bahwa seseorang bisa diibaratkan gunung es yang muncul di permukaan begitu besar dan terlihat indah. Tapi di bawah laut, ada massa atau cerita yang jauh lebih besar serta menarik untuk diceritakan. Seperti pengusaha asal Kabupaten Pati yang bernama Witjaksono ini.

Witjaksono merupakan seorang pebisnis kaya yang memiliki puluhan perusahaan. Ia juga ditunjuk sebagai ketua Serikat Nelayan Nahdalatul Ulama (SNNU) yang ditunjuk langsung oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).


iklan banner

Witjaksono merupakan seseorang yang lahir di kabupaten Pati. Diungkap Coach Business, Yudi Candra, Witjaksono adalah pengusaha muda Jawa Tengah yang pernah memiliki puluhan perusahaan dan memiliki aset triliunan rupiah.

Namun, tak ada yang menyangka bahwa Witjaksono adalah seorang anak buruh dan pembantu yang hidup jauh dari kata kaya. Sang ibu bekerja di sebuah pabrik kacang yang kerjanya mengangkut karung seberat 50 kg.

Singkat cerita, ia memulai kariernya sebagai pegawai bank, posisinya saat itu account officer. Di situ lah ia mulai merajut keinginan untuk memiliki bisnis yang baik. Kinerjanya yang bagus, ia pun mendapat tawaran bergabung di perusahaan IT.

Namun, sayang prospeknya yang kurang baik akhirnya ia tetap beralih ke perbankan. Witjaksono memanfaatkan kariernya di bank itu dengan mendapatkan relasi yang banyak. Setiap didatangi klien, Witjaksono berpikir potensi apa yang ia bisa kerjakan bersama klien kelak.

Sampai suatu saat ia terinspirasi dengan Sandiaga Uno dalam urusan bisnis.

“Gue benchmark-nya adalah ngelihat orang sukses, gue pelajari. Jadi ngelihat Astra bagaimana, lihat Indofood bagaimana. Gue pelajari histori mereka, pembukuan mereka, gue pelajari strategi mereka,” ungkapnya dilansir YouTube Coach Yudi Chandra.

Sumber : haibunda